Mengenal Julian Lopetegui


Mungkin banyak yang belum tau siapa dia , dia adalah pelatih muda yang sekarang menangani FC Porto. Dia merupakan mantan kiper yang pernah bermain untuk barcelona dan Real Madrid. Ia lahuir pada tnaggal 28 Agustus 1966.
Ia memulai karir sepakbolanya dari Real Sociedad, kemudian ia dibeli oleh real madrid untuk bermain di Real Madrid. Setelah hanya bermain satu pertandingan ia dipinjamkan ke ud las palmas disana ia bermain sebanyak 31 kali. Setelah itu ia kembakli ke real madrid tetapi ia tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain. Setelah tidak terpakai di Madrid kemudian ia hijrah ke CD Logrones, disana ia tampil reguler sebagai kiper utama. Penampilan bagus di Logrones akhirnya membawa dia dipanggil ke timnas Spanyol. Debutnya adalah sebagai pemain penggati Andoni Zubizareta pada laga persahabatan melawan Kroasia. Pada laga ia dimasukkan pada menit ke 30 dan kondisi spanyol tertinggal 2-0 pada tanggal 23 maret 1994. Kemudian ia melanjutkan karirnya di barca tetapi nasibnya sama seperti di Madrid hanya bermain di 5 petandingan saja. Setelah gagal bersama barca kemudian ia melanjutkan ke Rayo Vallecano disana ia bermain secara reguler dan mengakhiri karir disana pada tahun 2002.
Karir kepelatihannya dimulai dari Rayo Vallecano pada tahun 2003 setelah ia pensiun namun karirnya tidak begitu mulus disana. Ia dipecat setelah memainkan 10 pertandingan yang berakhir dengan degradasi ARayo ke divisi tiga Spanyol. Setelah dipecat ia menjadi komentator  la Sexta untuk piala dunia 2006.Pada tahun 2008 Kemudian Ia kembali menjadi pelatih untuk Real Madrid Castilla di divisi 3 liga spanyol. Pada tahun 2010 ia melanjutkan karir kepelatihannya pada timnas muda spanyol. Ia memenangkan trophy piala eropa u-19 pada tahun 2012 dan piala eropa u-21 pada tahun 2013. Kemudian ia meninggalkan timnas muda spanyol pada 30 April 2014 karena kontraknya habis. Pada 6 mei 2014 ia ditunjuk sebagai pelatih FC Porto. Di musim pertamanya ia sukses membawa Porto untuk menggapain quarter final namun dikalahkan bayern dengan agregat 6-1. Di Musim pertamanya porto berhasil menduduki peringkat 3 di Liga portugal dibawah benfica dan sporting Lisbon.
Saya berharap ia sukses bersama FC Porto walaupun musim pertmanya yang mengecewakan, ia merupakan slaah satu pelatih muda potensial yang bisa saja menyamai pep Guardiola ataupun Jose mourinho. dengan gaya bermain menyerang ala timnas spanyol.

  Source: Wikipedia.Org
Share on Google Plus

About Ramdani Rizki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran sangat diperlukan untuk mengembangkan blog ini