Semua Pemain Bola Asing di Indonesia Memiliki Potensi menjadi WNI



Created By: Ramdani Rizki Pratama, 14 April 2018
            Indonesia merupakan Negara yang sangat indah dengan berbagai kekayaan alam yang ada disana. Disamping itu, Indonesia memiliki penduduk yang ramah dan terbuka dengan kedatangan orang baru atau tidak dikenal. Hal itu merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Indonesia. Oleh karena itu sebagian besar orang asing yang berkunjung ke Indonesia merasa nyaman apabila berada disini. Rasa nyaman tersebut yang mendorong mereka untuk menetap secara permanen di Indonesia dan berharap di kemudian hari bisa menjadi WNI.
Akhir-akhir ini semakin banyak pemain sepakbola yang dinaturalisasi untuk menjadi WNI. O.K John adalah pemain terakhir yang dinaturalisasi oleh Indonesia berdasarkan SK Kementerian Hukum dan HAM nomor AHU.AH.10.02-38 tahun 2018 tertanggal 19 Februari 2018. Di Liga 1 sekarang terdapat 13 pemain naturalisasi diantaranya:
1.    Cristian Gonzales (Madura United)
2.    Greg Nwokolo (Madura United)
3.    Raphael Maitimo (Madura United)
4.    Diego Michiels (Borneo FC)
5.    Bio Paulin (Sriwijaya FC)
6.    Kim Jeffrey Kurniawan (Persib)
7.    Stefano Lilipaly (Bali United)
8.    Guy Junior (PSM)
9.    Herman Dzumafo (Bhayangkara)
10.    Illija Spasojevic (Bali United)
11.    Beto Goncalves (Sriwijaya)
12. OK John (Madura United)
13. Mamadou Alhadji (Sriwijaya FC)
Jumlah pemain tersebut berpeluang masih akan bertambah. Beto Goncalves dan Esteban Vizcarra sudah mengajukan proses naturalisasi dan tinggal menunggu waktu saja mereka akan menjadi WNI secara resmi.
            Banyak pemain asing yang dinaturalisasi ini menandakan bahwa negara ini terbuka terhadap orang asing.  Syarat untuk menjadi WNI melalui proses naturalisasi biasa berdasarkan UU no 12 tahun 2002 adalah:
·         Sewaktu mengajukan permohonan, berada di wilayah Negara Republik Indonesia paling singkat selama 5 (lima) tahun berturut-turut atau 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut.
·         Sudah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah.
·         Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar serta mengakui Dasar Negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
·         Sehat jasmani dan rohani
·         Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 (satu) tahun atau lebih
·         Jika dengan memperoleh kewarganegaraan Indonesia tidak menjadi berkewarganegaraan ganda
·         Mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap
·         Membayar uang pewarganegaraan ke kas negara
Apabila semua sudah memenuhi syarat-syarat tersebut WNA berhak untuk menjadi WNI melalui prosedur birokrasi yang sudah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia.
Semua pemain asing di Indonesia berpeluang untuk menjadi WNI melihat persyaratan diatas. Peluang mereka untuk menjadi pemain Timnas Indonesia juga semakin besar setelah di naturalisasi. Hal itu karena pemain asing memiliki kualitas yang lebih tinggi dibanding pemain lokal. Kita bisa melihat dari komposisi pemain yang diturunkan di Gojek Liga 1 dimana sebagian besar pelatih lebih mempercayakan pemain asing untuk bermain dibandingkan dengan pemain lokal. Oleh karena itu sistem pembinaan sepakbola usia dini harus dievaluasi agar WNI asli bisa menyamai kualitas para pemain asing dan klub harus berpikir dua kali untuk mendatangkan pemain asing. Efeknya potensi pemain asing untuk dinaturalisasi bisa semakin kecil apabila hal tersebut terjadi.

           





Referensi

Melati, Metta Rahma. “Liga 1 2018 Resmi Bergulir! Ini Daftar Pemain Asing dari 18 Tim yang Bakal Warnai Kompetisi”.14 April 2018. https://www.bolasport.com/liga-1/252097-liga-1-2018-resmi-bergulir-ini-daftar-pemain-asing-dari-18-tim-yang-bakal-warnai-kompetisi

Yosia, Ario. “Naturalisasi Pemain Asing di Indonesia yang Berubah Tujuan. 14 April 2018https://www.liputan6.com/bola/read/3236906/naturalisasi-pemain-asing-di-indonesia-yang-berubah-tujuan

Football Tribe. “O.K John Ramaikan Jumlah Pemain Naturalisasi di Skuat Madura United”.14 April 2018. https://football-tribe.com/indonesia/2018/02/27/o-k-john-ramaikan-pemain-naturalisasi/


Share on Google Plus

About Ramdani Rizki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran sangat diperlukan untuk mengembangkan blog ini